Kamis, 29 Oktober 2015

DAMPAK REFORMASI INDONESIA 1998



Nama        : Muhamad Rasyid Waruwu
Jurusan    : Ilmu Administrasi Negara (FISIP)

 
DAMPAK REFORMASI INDONESIA 1998
Reformasi di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998 merupakan suatu peristiwa yang sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia. Pasalnya di tahun ini banyak peristiwa peristiwa penting yang terjadi di indonesia seperti terlepasnya indonesia dari rezim suharto selama 32 tahun, aksi demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah, hingga catatan kelam tentang penculikan dan pembunuhan para aktivis. Seluruh peristiwa besar ini lah yang membawa perubahan bagi bangsa indonesia.

Dampak yang terjadi akibat reformasi ini sangat banyak tentunya bagi bangsa indonesia, mulai dari dampak negatif dan dampak positif bagi negara ini. Dampak negatif yang nyata terlihat di mata kita sekarang ini seperti iklim politik yang semrawut karena banyak yang menyalah artikan makna dari demokrasi, serta kebebasan dalam menyampaikan pendapat semakin tidak beretika. Kita juga dapat melihat bahwa banyak demonnstrasi yang terjadi harusnya menjadi sarana menyampaikan aspirasi dari masyarakat, namun justru yang terjadi malah demokrasi dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. Dan seiring dengan semua itu, kerusuhan di masyarakat juga semakin meningkat. Dampak dampak negatif ini terjadi akibat dari pemerintahan  pasca reformasi masih belum mampu dalam melaksanakan undang-undang sebagaimana mestinya, sehingga pengaplikasian dari tujuan reformasi masih belum sempurna dan belum dapat mengangkat kehidupan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun di atas itu semua, reformasi juga berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Kita dapat melihat masyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas. Selain itu derajat bangsa Indonesia di mata dunia semakin terangkat, di karena berhasilnya indonesia melepaskan diri dari pemerintahan yang kurang demokratis dan membentuk pemerintahan yang lebih demokratis, dan seiring perkembangan zaman, Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap dunia internasional, sehingga mobilitas terhadap berbagai bidang baik dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya semakin berkembang.
Reformasi memang telah membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Dampak utama dari reformasi adalah kebebasan kita dalam menyampaikan aspirasi tidak lagi dikekang seperti yang terjadi pada masa orde baru. Kita dapat bebas menyalurkan aspirasi kita bagi pemerintahan, baik berupa pendapat maupun kritik. Namun perlu diingat, bahwa kebebasan dalam beraspirasi tersebut harus tetap mengikuti norma-norma yang berlaku. Aspirasi yang kita sampaikan harus dapat di pertanggungjawab kan dan berguna bagi kemajuan bangsa, jangan sampai penadapat atau aspirasi yang kita sampaikan malah memecah belah persatuan bangsa. Intinya, reformasi harus bisa menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih demokratis, sebagaimana cita-cita dari reformasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar